15 Views
Share
Read Time:3 Minute, 42 Second

Hai Traveler,

Ada banyak alasan kenapa Jogja istimewa dan harus kamu kunjungi, selain memiliki alam yang indah, makanan khas yang lezat, orang yang ramah hingga memiliki situs bersejarah peninggalan manusia ribuan tahun yang lalu. Salah satu candi yang terkenal di Yogyakarta adalah Candi Prambanan yang mana merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sedangkan 30KM dari pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Magelang terdapat Candi Budha terbesar di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Namun taukah kamu sebenarnya di Jogja tidak hanya memiliki Candi Borobudur dan Candi Prambanan Saja, ada puluhan Candi di Jogja banyak menyimpan sejarah kerjaan Hindu dan Budha ribuan tahun lalu. Hari ini tim Delokal akan mengajak kamu berkeliling Candi tersembunyi (selain Borobudur dan Prambanan) di Jogja yang mungkin belum kamu ketahui.

 

Disanrakan untuk mengunjungi candi antara jam 05.00 – 10.00 atau pada jam 16.30 – 18.00

 

Jika kamu ingin berkunjung ke Candi sembari menikmati kopi dengan pemandangan sunrise terbaik, silahkan ikuti kami dengan mengunjungi candi-candi ini. Jika kamu ingin menikmat sunrise terbaik, sebaiknya berangkat pada jam 04.30 atau setelah sholat subuh tepat. Cara terbaik menuju Candi adalah dengan menggunakan motor atau mobil (bisa milik sendiri ataupun rental). Jika ingin menikmati sunset, sebaiknya anda sudah berada di candi pukul 17:15. Berikut list candi terbaik sambil menikmati sunrise/sunset

Candi Barong

Lokasi Maps: https://goo.gl/maps/w1drxb7cS1tEZmyGA

HTM: Rp. 5000 (update bulan Januari 2020)

Candi Barong merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko. Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang periode Mataram. Candi ini ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam kondisi runtuh saat perluasan kebun tebu untuk pembuatan pabrik gula oleh seorang Belanda. Candi ini sangat cocok dikunjungi pada pagi hari, namun tidak dianjurkan menikmati sunset di candi ini, karena candi ini tutup pada jam 18.00. Jika anda berkunjung di siang hari candi tidak terlalu panas dan relatif sejuk.

Candi Ijo

Lokasi : https://goo.gl/maps/BqpEko6n9VzwvMSZ6

HTM: Domestik Rp. 5000 dan Mancanegara Rp. 10,000 (update Januari 2020)

Candi Ijo merupakan salah satu tempat favorit menikmati sunset di Jogja, candi ini berada pada ketinggian kurang lebih 400 MDPL, sehingga kamu juga bisa menikmati jogja dari bukit ditambah kamu juga bisa melihat aktivitas pesawat landing/take off dari bandara Adi Sucipto.

Dataran tempat kompleks utama candi memiliki luas sekitar 0,8 hektare, namun kuat dugaan bahwa kompleks percandian Ijo jauh lebih luas, dan menjorok ke barat dan utara. Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi.

 

Candi Plaosan

Lokasi: https://goo.gl/maps/vczYneZw1e2K7ydJA

HTM: Rp. 5000

Secara geografis, candi ini terletak di Kabupaten Klaten dan masih di kawasan candi Prambanan. Candi ini sangat indah dinikmati ketika sunrise. Kamu akan melihat perpaduan alam yang indah antara sawah yang hijau dan candi yang megah, ditambah kamu bisa melihat gunung merapi jika sedang tidak berawan. waktu paling tepat mengunjungi candi ini adalah pada jam 05.00 – 09.00, namun perlu diketahui jam operasional candi ini dimulai pada jam 08:00 sehingga jika anda ingin menikmat sunrise di candi disarankan menikmati sambil jalan di sawah sekitar candi yang pastinya sangat indah, kemudian bisa dilanjutkan dengan menyeduh kopi atau makan soto disekitar area candi.

 

Candi Ratu Boko

Lokasi: https://goo.gl/maps/PibHN8FnBi9jJiny8

HTM: Rp. 40,000 (update Januari 2020) – Tips: anda bisa membeli tiket terusan dari Candi Prambanan dengan harga yang lebih murah.

Candi ini cukup terkenal, dan bagi turis biasanya membeli tiket terusan candi prambanan dan ratu boko. Meskipun candi ini cukup ramai, namun kamu bisa menikmati dengan lega pada pagi hari sekitar jam 05.00 – 09.00 atau pada sore hari jam 16.30 – 18.00. Pada jam tersebut candi ini memiliki pemandangan yang luar biasa dan tidak terlalu ramai.

Candi Ratu Boko merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Boko terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.


Hai traveler, untuk menikmati candi-candi tersembunyi di Jogja, Delokal siap menemani kamu ke candi-candi tersembut atau mungkin ke tempat tersembunyi lainnya di Jogja. Kamu tertarik? yuk kunjungi Delokal Travelmate  atau klik link https://delokal.com/travelmate

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu