67 Views
Share
Read Time:1 Minute, 34 Second

Liburan-mu batal karena wabah ataupun bencana? Kamu ingin merencanakan ulang liburan kamu yang batal. Yuk baca tips-tips dibawah ini supaya liburanmu tetap terlaksana.

#1 – Merencakan Ulang pada Waktu yang Tepat

Hal pertama adalah mengatur ulang tanggal keberangkatan. Jika liburanmu gagal karena bencana, maka waktu ideal adalah menunggu 3 bulan dari bencana yang terjadi di lokasi anda atau lokasi tujuan. 3 bulan adalah waktu yang ideal untuk memulihkan keadaan suatu tempat dari bencana ataupun wabah. Pertimbangkan juga untuk merencakan di tahun berikutnya, bisa jadi itu lebih baik, terutama jika kamu sedang sibuk dalam pekerjaan.

#2 – Mengatur ulang Penerbangan yang Dibatalkan oleh Maskapai

Jika dalam keadaan darurat bencana/wabah, setiap maskapai akan memberikan 2 opsi, mengatur ulang perjalanan atau pengembalian uang 100%. Namun perlu diingat biasanya maskapai akan memberikan pergantian tiket antara 180 hari hingga 365 hari terhitung dari tanggal awal keberangkatan kamu. Tidak perlu panik tiket hangus, karena secara otomatis kamu akan dapat menukarkan dengan tiket baru atau 100% refund, silahkan kunjungi website maskapai atau agen travel kamu.

#3 – Mengatur ulang Reservasi Hotel/Aktivitas Wisata

Sama halnya dengan mengatur ulang jadwal dari maskapai, menjadwalkan ulang reservasi hotel/aktivitas wisata biasaya lebih mudah, terlebih bagi kamu yang memilih opsi bayar di tempat. Namun bagi kamu yang sudah membayar, masih bisa mengatur ulang reservasi secara gratis (tergantung kebijakan setiap hotel) ataupun refund, jika terjadi bencana ataupun wabah di lokasi kamu ataupun di lokasi tujuan wisata kamu.

#4 – Mengatur ulang Visa yang Kadaluarsa

Untuk hal yang satu ini, tidak semua kedutaan memberikan perpanjangan masa berlaku visa secara gratis. Kamu harus cepat menghubungi kedutaan terkait untuk menanyakan hal tersebut. Jika berkaca pada kasus COVID-19 yang membuat Kerjaan Saudi membatalkan seluruh visa umroh dan turis pada awal Maret 2020, namun pemerintah Saudi memiliki kebijakan untuk dapat memperpanjang masa kadaluarsa visa dengan gratis dan otomatis. Namun, yang perlu kamu ketahui, tidak semua kedutaan memiliki kebijakan yang sama.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu